MANAJEMEN PEMASARAN

 Nama                        : Sarah Fadhilah

Nim                            : 220802041

Nomor Absen             : 02

Dosen Pengampu       : Nasrul Hadi, SE, MM

Prodi/Fakultas            : Ilmu Administrasi Negara/FISIP

PTN                            : UIN Ar-Raniry




MENGAPA PEMASARAN PENTING ?
Pemasaran dianggap penting karena pemasaran merupakan proses promosi untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Apabila tidak ada pemasaran, maka perusahaan tidak bisa mencapai potensi yang maksimal. Potensi yang maksimal adalah potensi menjual produk/jasa yang dimiliki perusahaan kepada konsumen.

Selain itu ada beberapa alasan lain mengapa pemasaran itu penting, yaitu :
- Ajang untuk memperkenalkan produk atau jasa
- Meningkatkan kesuksesan penjualan
- Meningkatkan reputasi perusahaan
- Membuat perkembangan pesat akibat memiliki pengalaman di bidang pemasaran

APA RUANG LINGKUP PEMASARAN ?
- ORGANISASI
Memiliki tugas mengatur kegiatan-kegiatan dengan baik dan menentukan struktur organisasi.
- PASAR
Tempat bertemunya orang-orang untuk melakukan jual beli atas dasar memenuhi kepuasan. Pasar dibedakan menjadi 4 golongan, yaitu pasar konsumen, pasar industri, pasar penjual, dan pasar pemerintah.
- PRODUK
Semua barang/jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan yang kemudian dipasarkan.
- SALURAN
Media yang digunakan untuk menyalurkan barang/jasa dari produsen ke konsumen.
- PENENTUAN
Menentukan pendekatan yang akan digunakan dalam menentukan harga jual. Pendekatan tersebut ada 2 yaitu pendekatan biaya dan pendekatan pasar/persaingan.
- PROMOSI DAN PERIKLANAN
Promosi merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk membujuk dan mengajak pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Sedangkan periklanan adalah alat yang digunakan untuk melakukan promosi contohnya seperti pamflet, baliho, brosur, dan sebagainya.

APA SAJA KONSEP DASAR PEMASARAN ?
a. Produksi
Memikirkan cara perusahaan dapat meningkatkan pasokan untuk mengurangi biaya (produksi masal)
b. Produk
Memikirkan kualitas barang/jasa yang dihasilkan. Karena kualitas suatu produk lebih mudah menarik perhatian konsumen.
c. Penjualan
Memikirkan usaha yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi konsumen agar tertarik untuk membeli barang/jasa yang dipasarkan dengan memperhatikan para kompetitor.
d. Pemasaran
Memiliki sedikit perbedaan dengan konsep penjualan. Konsep penjualan berfokus terhadap barang yang dihasilkan sedangkan pemasaran fokus pada keinginan dan kebutuhan konsumen.
e. Pemasaran Sosial
Memikirkan manfaat yang dihasilkan oleh produk tersebut sehingga produk yang dihasilkan tidak hanya memuaskan konsumen tetapi juga memberikan manfaat yang baik. Hal ini harus mempertimbangkan sikap etika, lingkungan dan sosial.

BAGAIMANA MANAJEMEN PEMASARAN BERUBAH ?
- Teknologi yang berubah
Dapat dilihat dari produksi masal dan konsumsi masal, toko penuh persediaan, iklan dimana-mana, potongan harga menjadi-jadi.
- Globalisasi
Kemajuan transportasi mempermudah perusahaan dalam melakukan pemasaran.
- Deregulasi
Menghilangkan atau mengurangi kegiatan yang menghambat perekonomian.
- Privatisasi
Mengalihkan perusahaan publik ke manajemen dan kepemilikan swasta.
- Kunstomisasi
Perusahaan dapat memproduksi barang yang dapat dipesan secara pribadi melalui telepon atau online.
- Persaingan semakin tajam
Menyebabkan terjadinya peningkatan biaya promosi dan menyusutnya margin laba.

APA TUGAS YANG DIPERLUKAN UNTUK MANAJEMEN PEMASARAN YANG BERHASIL ?
a. Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran
b. Memiliki kemampuan pemahaman atau gagasan pemasaran
c. Berhubungan dengan pelanggan
d. Membangun merk yang kuat
e. Membentuk penawaran pasar
f. Menghantarkan nilai
g. Mengkomunikasikan nilai
h. Menciptakan pertumbuhan jangka panjang


Komentar